Cara Diet Yang Baik Dan Benar


Diet merupakan upaya untuk mengontrol asupan makanan namun kebanyakan orang lebih mengenal diet sebagai upaya untuk menguruskan badan. Melakukan diet itu bukan berarti kita tidak diperbolehkan makan ini itu, menahan lapar membuat metabolisme tubuh seseorang menurun, sehingga pembakaran lemak menjadi terhambat.

Lapar juga merupakan sinyal bahwa perut sedang kosong dan gula darah telah menipis sementara otak membutuhkannya. Jika diteruskan, akan menyebabkan seseorang merasa pusing. Bukankah bahaya jika seperti itu? selain pusing pastinya tubuh juga akan terasa lemas tidak bergairah.
Ada baiknya bila diet harus dengan aturannya juga.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan program diet, seperti :
1. Diet Golongan Darah
Diet Golongan Darah yang dianjurkan oleh Peter D. Adamo. Diet golongan darah merupakan salah satu jenis diet yang paling populer untuk masyarakat modern.
Apakah Diet Golongan darah efektif untuk menurunkan berat badan ?

Diet golongan darah dianggap efektif buat menurunkan berat tubuh, tetapi tidak sedikit serta yg menyebut sebaliknya. Berikut faktanya, menurut Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, pakar nutrisi & Spesialis Gizi Klinik.
"Sebenarnya diet golongan darah  tetap jadi kontroversi. Dikarenakan diet ini belum didasarkan terhadap satu buah penelitian yg dipercaya oleh dunia kedokteran. Penelitian dilakukan terhadap 2 (dua) grup subjek penelitian. Kelompok pertama terhadap diet golongan darah sedangkan grup ke-2 terhadap diet normal seperti biasa. Nah, diet golongan darah yg diberikan tersebut cuma berdasarkan terhadap pengalaman dari pengarang buku tersebut. Di dunia kedokteran, teori yg didasarkan kepada pengalaman saja bersifat boleh saja buat diikuti ataupun tak diikuti."
 2. Diet OCD ala Dedy Corbuzier

Kebanyakan diet memang menyiksa, karena harus membatasi menu makanan harian. Namun dalam program diet iini pelakunya bebas makan apa saja asalkan masih pada jam jam tertentu yang telah ditentukan. Tapi inget juga Anda sedang melakukan Program jadi jangan menjadikan junk food juga

Ada dua poin penting yang menjadi kunci keberhasilan melakukan diet OCD. Pertama, harus mengikuti aturan jendela makan yang telah ditentukan. Kedua,  tidak boleh mengkonsumsi 1 kalori pun di luar jendela makan tersebut.

Berikut ini panduan melakukan diet OCD
1. Tidak boleh sarapan minimal 3-4 jam setelah bangun tidur.
2. Makan 8 / 6 / 4 jam sehari (diluar jam itu hanya minum air putih atau teh tanpa gula)

Jendela makan 8 jam, Anda dapat memulai makan dari jam 12 siang hingga jam 8 malam. Anda boleh makan apa saja di jam tersebut, boleh makanan apapun yang Anda suka, sebaiknya jangan berlebihan. Di luar jam tersebut, Anda harus puasa dan hanya boleh minum air putih sesuai kebutuhan (air tidak boleh mengandung kalori).

Jendela makan 6 jam, Anda
dapat mulai makan dari jam 12 siang hingga jam 6 sore. Peraturannya sama seperti jendela makan 8 jam.

Jendela makan 4 jam, Anda boleh makan dari jam 12 siang hingga jam 4 sore, atau mulai makan di jam 2 siang sampai jam 6 sore. Anda dapat mengatur sendiri waktunya sesuai dengan kebutuhan. Peraturannya sama seperti jendela makan 8 jam dan 6 jam.

Ada juga puasa 24 jam, penerapannya adalah Anda hanya makan sekali saja. Setelah itu Anda puasa. Namun tidak harus dilakukan setiap hari. Anda bisa melakukannya seminggu sekali atau tiga minggu sekali.

Kontroversi Diet OCD Deddy Corbuzier

Setelah meledak program diet ini belakangan muncul kontroversi seputar diet tersebut. Hal ini dikarenakan diet OCD melarang sarapan pagi, sedangkan para ahli gizi menyatakan bahwa sarapan pagi sangat penting untuk proses kerja tubuh selama beraktifitas.

Meskipun demikian, banyak pelaku diet OCD yang mengirimkan testimonial ke Twitter Deddy Corbuzier yang menyatakan bahwa mereka berhasil menurunkan berat badan dan membentuk tubuh.

3. Diet Makan Tanpa Rasa
Diet ini merupakan metode diet yang cukup terkenal beberapa tahun yang lalu, banyak wanita yang berhasil menurunkan berat badan dengan cara ini.

Biasanya, semua menu diet tanpa rasa dimasak dengan cara rebus, tanpa memakai bumbu tajam. Tujuan diet ini yaitu membuat selera makan turun, karena makanan yang dikonsumsi jadi lebih sedikit dibanding hari-hari sebelumnya.

Proses memasak makanannya tidak menggunakan minyak dan tidak digoreng yang dipercaya akan mengurangi kalori dalam makanan. Akibatnya, berat badan pun akan turun.

Namun sayangnya, diet ini sering berhasil di awal, tetapi akhirnya gagal, karena banyak orang tidak tahan hanya memakan makanan yang tak ada rasanya tersebut, seperti kentang rebus, tahu rebus dan sayur tanpa rasa. Akibatnya, berat badan naik lagi, Karena nafsu makan yang bertambah.

4. Diet Tanpa Makan Nasi
Kalau tidak salah dalam sebuah program TV syaa pernah juga melihat bahwasanya Artis Tina toon yang populer dengan lagunya bolo-nolo juga melakukan hal ini. Diet Tanpa Nasi ini biasanya mereka menggantikan nasi dengan buah-buahan dan sayur-sayuran. ya mungkin bagi penduduk indonesia akan berat rasanya meninggalkan nasi. Ya setahu syaa di negeri ini orang-orangnya sering beranggapan bahwa kalau belum nasi itu belum makan. :)

5. Diet Food Combining
Diet dood combining merupakan salah satu metode diet yang sampai saat ini masih banyak dilakukan. Karena metode ini tidak membatasi jumlah makanan yang masuk, sehingga pelakunya tidak akan merasa tersiksa dan menahan lapar. Food combining lebih berfokus pada kondisi pH dalam darah yang harus netral dengan bantuan makanan.

Metode ini sangat menyarankan makanan alami, seperti buah segar dan sayur yang sebisa mungkin tidak mengalami proses. Karena sayur yang mengalami proses sudah kehilangan nutrisinya. Pola food combining juga menyarankan agar pelakunya memadukan protein hewani dan sayur saat makan. Sedangkan makanan protein dan karbohidrat sebisa mungkin tidak dimakan secara bersamaan.

Itulah beberapa Program diet yang baik dan benar yang mungkin perlu kamu ketahui sebelum melakukan program diet. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Terimakasih sudah berkomentar dengan bijak ConversionConversion EmoticonEmoticon